A piece of memory…

A song for him… http://www.nowupload.com/:BHI

Sedikit biografi dan memori tentang kakek dari pihak ibuku yang selalu diceritakan…

Keluarga ibuku sangat miskin. Kakekku harus membiayai 5 orang anak dan 1 istri dengan gaji sangat sedikit. Waktu itu jaman penjajahan Jepang. Kakekku bekerja sebagai guru bahasa Inggris. Gajinya hanya 4000 rupiah. Ibuku makan bubur yang diencerkan, kemudian pergi sekolah dengan perut lapar, memandang sedih pada temannya yang jajan dengan uang 5000 rupiah setiap hari.

Kakekku, hampir ditembak mati tentara Jepang. Kejadiannya aku sudah agak lupa. Tapi aku ingat saat ibuku bilang, senapan itu sudah tepat di depan kepala kakekku. Dan kakekku dengan tenangnya memasrahkan diri untuk ditembak.

Kakekku bekerja di sebuah perusahaan jepang. Kakekku sering memungut kertas-kertas yang berserakan, kemudian dibawa pulang untuk dijadikan buku tulis untuk ibuku. Saat penjajahan jepang berakhir, pemilik perusahaan itu akan pulang ke Jepang dan berniat memberikan perusahaan itu pada kakekku. Kakekku tidak mau. Ia begitu sederhana. Ia hanya minta sebuah karpet untuk disimpan. Nama perusahaan itu sekarang… Mitsubishi.

Memori terakhir, saat aku pulang dua tahun lalu. Aku membawa recorder yamahaku. Aku terbiasa membawa alat musik ke mana-mana, dan recorderlah yang paling simple, aku punya harmonica juga, tapi aku lebih suka membawa recorder. Jadi waktu aku mainkan lagu Final Fantasy pada sepupuku, ia duduk di samping sambil menikmati permainanku. Jadi kumainkan semuanya dengan semangat. Eyes on Me, Melodies of Life, Opening Final Fantasy, lagu-lagu Chrono Cross…

Kakekku sudah pikun, mungkin ia tidak ingat padaku, which makes me want to cry. Mungkin ini cinta yang bertepuk sebelah tangan ya…

Kakekku meninggal karena tua, bukan karena sakit. Ini membuatku sedikit lega, setidaknya ia tidak mengalami kesakitan yang berarti. Ia meninggal karena kelelahan berolahraga. Umurnya sudah 88 tahun…

Kakekku seorang pekerja keras yang jujur. Kepergiannya ditangisi banyak orang, membuktikan kehidupannya dicintai banyak orang… selamat jalan Kung-Kung…

Leave a Reply

