Tutorial Ecom I

Okay. Tutorial Ecom I akhirnya jadi dilaksanakan. Hari ini baru diajarin cara… ngeDeploy! Huhu. Terus hari ini coba-coba deploy sendiri…… Loh? Gak jalan??? Usut di usut, oh, salah ini, oh lupa ini, ……. Loh? Gak jalan lagi??? …. cape ah, ngobrol, blogwalking dulu. Terus otak-atik lagi…… Loh? Masih gak jalan? Hmm… keluar exception aneh tentang Hibernate dan Acegi …. (melirik jam). Astaga. Kok udah jam 2:12???

Mungkin sudah saatnya istirahat.

Gw tuh head of IT loh. Tapi gw yang paling bego di antara member-member IT division. How could that be? Well, kurasa kenyataan bahwa head itu tidak mungkin sepintar member adalah benar. Liat aja head of school di tiap univ. hehe (I’m not mentioning any name :P). Kenyataan ini mungkin benar, head itu yang penting punya guts, berani jadi mascot :P, berani take risk, punya member yang gak jahat, dan mau usaha belajar.

Tapi… kalo bego, jadi gampang dipermainkan. Semakin bego, semakin besar risknya.

Makanya hari ini berguru sama kakak kelas yang “katanya pintar”. Serius pintar? Iya pintar, buktinya mau ke Canada minggu depan, gw yang bayarin berapa persen biaya perjalanan ke Canadanya lhoo. 5 hari di Canada gw yang bayarin demi ikut World Final. World Final apa? Itu loh, Final Dota, GG Client… gak lah. Udah berakhir itu, si kakak kelas ini mewakili… mewakili duit gw… ikutan lomba “ngetik cepet sambil mikir”. Moga-moga menang. Jadi pulang-pulang moodnya bagus, terus gw dibawain oleh2. Bagaimanapun gw yang bayarin berapa persen uang perjalanannya gitu loh.

(kalimat yang dibold itu tidak bermaksud apa-apa kok. Penulis gak dendam kok. Suer deh. Penulis blog ini adalah orang yang sangat berhati mulia, pasrah, tabah, dan lemot)

Tapi… di tengah perasaan rasa iri gak karuan ini, tetep aja penulis terkagum-kagum liat systemnya jalan. Waaaw. Hebat. Liat query browser SQL, waaa, hebat. Dijelasin, hibernate, waaaaw. Sebenarnya gak pernah belajar SQL ato hibernate, jadi dijelaskan program ini keren, dan program itu keren, menghemat waktu, dsb, tetep aja gak ngerti, wong gak pernah ngerasain susahnya. Hahahaha.

Tapi tetep aja keren. Klo gw gak merasa program-program ini keren, gw pasti udah mengundurkan diri.

Tapi gw belum bisa codingnya =(… dan deploynya gak successful, well di startup sih ditulis successful, tapi di layar kluar exception seabrek-abrek, katanya INTERNAL ERROR. Nah loh, internal bagian mana mas Tomcat. Yang bikin system kan bukan gw.

Wah ya, at least, gw berhasil masuk ke index.htm-nya. Besok aja deh tanya lagi. =(. Gawat, mulai berasa kayak ketergantungan…

Pagi subuh begini enaknya dengerin lagu “Passion”nya Utada Hikaru… enjoy… http://www.youtube.com/watch?v=UE6bFL7FIy4 (the real video clip) or this http://www.youtube.com/watch?v=GGaeec-34OQ (the Kingdom Heart version)

omoi daseba haruka haruka

mirai wa dokomademo kagayaiteta

kirei na aozora no shita de

bokura wa sukoshi dake obieteita

 

natsukashii iro ni mado ga somaru

 

mae wo muitereba mata aemasuka?

mirai wa dokoedemo tsuzuiterunda

ookina kanban no shita de

jidai no utsuroi wo miteitai na

 

nidoto aenu hito ni basho ni

mado akeru

 

omoi daseba haruka haharuka

mirai wa dokomademo kagayaiteta

kirei na aozora no shita de

bokura wa itsumademo nemutteita

 

Zutto mae ni suki datta hito

Fuyu ni kodomo ga umareru sou da

Mukashi kara no kimari goto wo

Tama ni utagaitaku naru yo

Zutto wasurerarenakatta no

Nengajou wa shashin tsuki kana

Watashi tachi ni dekinakatte koto wo

Totemo natsukashiku omou yo

 

My fears my lies aozora no shita

Udah ah, bobo. Kayaknya besok masih harus ngotakatik e.com dan WP lagi. Hohoo. Setelah dapat gambarannya, gw jadi tambah penasaran, moga-moga gambaran di otak gw terus diperluas ya. Mohon bantuan kakaak. Mohon bantuan member ITkuu. Mohon bantuan smua yang bisa membantu… mari… sampai jumpa di tutorial ECOM II dst…

Ket: hari ini baru, add lib di eclipse, unzip workspace, unzip eclipse, otak atik query browser, ngubah 10.25.44.254 jadi localhost (di mana aja ya, gw lupa, mungkin ini kali bikin error. Huahua.), nge-startup batch, dijelasin sekilas sekali tentang hibernate…

Leave a Reply

