Match

Pertandingan algoritma, diadakan di perpustakaan, semua titip barang ke Su, tapi ternyata ada locker di dalam. :D

Selesai beres-beres, konfirmasi terakhir menyatakan, tidak boleh bawa apapun. Ya udah, gw dapat meja nomer 13. Nomer cantik. Di tempat gw duduk, ada rembesan air AC mengarah ke CPU komputer, gw kena tetes tiap beberapa menit sekali. Wah skenario sabotase nih. Sebelah kompie gw, adalah tetangga kamar juga, namanya Wilbert kalau gak salah, dan sebelah Wilbert, ada tim Apelucoy?… waktu system test, si kur2 langsung nyoba semuanya, clarification, RTE, TLE, WA, memory limit. Waktu udah selesai, gw cari WC. Kata orangnya, WC cewe di lantai dua. Gw ke lantai dua, lhoo kok WC cewe ada tempat BAK nya cowok??? gw mau masuk jadi takut, inget kejadian salah masuk WC cowo udah dua kali, masa sekarang gw merelakan diri salah masuk lagi? Ogah!

Di luar, beberapa orang asik makan snack, gw cuma minum doang, abis itu gw baru tau kalau di lab sebelah, mereka boleh pake dua komputer. Waaah, berarti gw boleh coding? *ngarep*. Tapi ternyata tidak boleh. Ya udah. gw kembali ke lab dan duduk menunggu komputer. Waktu itu lagi sepi, semua orang keluar, cuma ada gw… dan seberang sana cuma ada Ricky… si Ricky… lagi *piiiiiiiiiiiip piiiip pip piiip* dan tau-tau *piiiiiiiiiiiip piiiip pip piiip*. Karena saksi mata cuma gw, terus dia bilang, jangan bilang siapa-siapa ya, jadilah gw dapat jatah makan gratis karena menjaga rahasia seseorang. *asik, makan apa yaaaa*.

Gak lama kemudian, yang duduk belakang gw, kursinya patah. SWT. Badannya emang gede sih, dia diketawain sama temannya.

Selang beberapa menit, kompetisi pun dimulai. Buka amplop, langsung pilih soal. Gw langsung nemu soal MST. Waaaah murni MST!!! Gw hafal di luar kepala. Ini PR gw liburan kemaren neeh. Hauhua. Langsung kasih Kur2, “gampang nih Kur” dan langsung dicoding. Yup, gw hafal banget klo MST. Terus liat soal “Kembalian”… hmm. Ini konsepnya kayak DP Coin yak, tapi gw gak bisa DP Coin, *lebih ke arah, gw belum pernah coba, baru denger konsep doang*. Si Kur2 bilang, iya itu DP Coin, tapi pas liat, kok angkanya koma??? Dibuang.

Si kur2 masih sempet nanya gw pas gw sodorin soal apa gitu, “kenapa lu bilang gampang?”, yang gw jawab dengan PD nya “soalnya gw bisa ngerjain :D” hahahaha. Damn. Sial, ilmu gw belom setinggi elo kur… yang gampang buat gw pasti geli-geli buat dia.

Gw liat perolehan skor, Tweety sama Sylvester… WA yang F??? wah apa-apaan? Ada trickynya? Terus pas liat Three Generation, lebih bingung lagi… “Substring Palindrome…” WA 4 kali??? Langsung tuh soal gw sambit, gw cari tricky partnya, tapi sampe akhir kagak nemu, akhirnya tuh soal gw umpetin dari Kur2 sampe 1 jam lebih karena mencurigakan sekali :D. *gak sadar ya Kur*. Lagian, masih ada banyak soal gampang yang belum dikerjain. Misalnya yang G dan yang E. hahaha. oke, gampang, langsung baca langsung ngerti. Oke deh, AC dua (tapi waktu itu gw belom ngerti BigNum, klo gw yang ngerjain, gak AC kali ya). Terus lanjut lagi ngerjain soal yang “jam berputar-putar”. Ngabisin waktu cukup lama di sini… gara-gara… lupa +1… *nangis*. Terus ngerjain yang B, wah nama kotanya banyak, gw sama Pur sampa recheck berkali-kali, tapi tetep WA.

Akhirnya, coding yang problem I, matrix. Hmm. Gw masih bingung cara ngerjainnya. :D *mengaku bodoh*. Tapi Kur2 bisa. jadi ya tenang aja… Suasana jadi memanas ketika… semua soal yang bisa dikerjakan sudah dikerjakan. Akhirnya gw sodorin tuh soal substring palindrome, yang WA juga setelah disubmit. Kita klarifikasi sampai 3 kali untuk yang ini, dan akhirnya datang satu klarifikasi dari ThreeGeneration yang memutarbalikkan keadaan *tepuk tangan buat ThreeGeneration*

Kalau gak salah isinya sejenis “apakah juri yakin jawaban juri benar? Soalnya kami yakin jawaban kami 100% benar” waaaaah, Kur2 langsung berkobar semangat nyolotnya. Saatnya kebenaran kembali ditegakkan :D. ThreeGeneration masih WA sampe 9 kali sampai akhirnya direjudge. Punya kita juga rejudge, dari WA 3 kali jadi langsung AC. Setelah difreeze, kur2 masih coba2 yang B dan AC karena pakai error correction, sebelum itu yang F juga akhirnya AC karena rejudge.

Abis itu, gak ngapa2in lagi deh. AC 7 biji, dan kita duduk-duduk setengah jam terakhir. Posisi naik ke 2, dari sebelumnya… gak masuk posisi 3 besar… amiin…

Pertempuran berakhir, gw tetap merasa, ini gak fair banget. menangnya hoki-hokian, yang menang adalah yang hoki milih soal yang benar, dan kebetulan soalnya gak salah testcasenya… Namun bagaimanapun, yah it’s over. =(

Kita pulang deh…

Part 1 – Gemastik D-1
Part 2 – Insiden waktu Azan
Part 4 – After Match

Leave a Reply

