SIMBIZ 2009

Akhirnya simbiz 2009 berakhir!!! Hip hip hurray!!! Eneg gw liat Titan dua hari nonstop. Dan karena gw head of competitionnya, seminggu sebelumnya gw udah sibuk, entah ditelpon mbak Fitri buat ngurusin skenario, ngurusin rules yang diganti-ganti mulu gara-gara jumlah partisipan nggak fix sampai hari H-1, ngurusin manual book, ngurusin schedule… dan tentu saja bersiap berjuang menghadapi anak-anak Uni kalau-kalau mereka menanyakan pertanyaan terlalu teknis. Gw sih pribadi udah pernah main Titan, PI udah serebuan lebih. Udah puaslah, meskipun retained earning gw kalah mulu sama temen gw yang dulu Finalis simbiz 2007. Gw yakin cuman kurang akurat doang ngitungnya, secara yang gw maksimalkan baru capital investment sama production doang. Fufu.

Nah ayo kita review. Technical meeting, karena technical meeting buat SMA gak dapat ruangan, jadi gw pindah jam 3 sore di hari yang sama. Tapi malah gak taunya ada anak sekolah yang datang jam 8 pagi juga. Swt… sorenya, gw briefing anak-anak SMAnya, member gw briefing anak Uninya. Semua berjalan lancar. Gw pulang jam 7 malam, siap-siap sampe jam 10 malam, dan tidur jam 11 malam.

Teler-teler jam 5 pagi udah bangun lagi buat ke kampus, siap-siap, telat makan, kena maag lagi. Bah. Langsung pergi makan saat kompetisi berlangsung. Untung ada member tambahan yang mau jagain ruangan. Anak-anak SMAnya seru. Tiap kali team mereka di nomor 1, gw bisa denger teriakan “yes” dari arah komputer mereka. Jadi sebenarnya pas gw mau umumin siapa yang masuk babak semifinal, gw sebenarnya udah tau mereka masuk apa kagak :D. Secara mereka semua yang masuk semifinal pasti bersorak senang begitu quarter terakhir selesai…

Hari pertama pun selesai dengan agak berantakan. Tapi setidaknya mereka main dengan puas, meskipun ada yang komplen sih… L. Maap ya kami kurang member. Member gw cuman dua biji, jadinya gw harus handle tiga ruangan sekaligus untuk pertanyaan dan lain lain lain lain lain. Humm… akhirnya pas rapat evaluasi, gw lapor deh klo gw kurang orang. Project Leader dengan baik hati assign satu orang lagi, yang ternyata tidak cukup juga. Hueeeee…

Selesai rapat evaluasi jam 5 sore, gw lanjut lagi bikin list partisipan uni dan harus ngeprint segala macam hal yang merepotkan. Uh… sementara yang lain udah pada santai-santai karena gw liat mereka pada main WE. Huh.

Eh kebetulan ada si Alvin minta bantuin ngedebug coding. Jadi gw barter aja ama dia. “Vin, gw ngedebug coding lo, lo kerjain kerjaan gw ya”. Dan karena semua orang selalu menganggap coding itu lebih susah daripada ngeprint dan fotokopi dan format powerpoint slide, tentu saja dia setuju dan menganggap ini sebagai penawaran yang sangat menguntungkan.

15 menit gw baca coding dia, dan menemukan kalau dia lupa tambahin gets(input) di functionnya, dan lupa gets(filename) di function lain. Gyahahahahha. Gw ketawa sejadi-jadinya pas itu koding jalan cuman dengan ditambahin dua baris doang. Sementara si Alvin mesem-mesem antara harus senang atau sedih karena dia masih harus ngeprint dan fotokopi kertas-kertas yang gw kasih. Jadi sementara dia sibuk ngerjain kerjaan gw, gw ada waktu buat makan nasi tim dan beres-beres pulang.

Jam tujuh malam gw baru pulang dari kampus. Pas mau pulang, nggak taunya ada anak ITB nongkrong di bawah, minta dibriefing lagi karena saat techmeet mereka tidak datang. Wadoh. Yawdah, gw briefing dulu baru cabut. Sampai rumah, udah teler sejadi-jadinya.,

Bangun-bangun, gw menyadari… anjrit, badan gw keluar bercak-bercak merah!! Kenapa ini! Sejak kapan gw alergi??? Badan mulai terasa gatal, dan keluar bintik-bintik merah di seluruh badan (kecuali muka). Oh damn… gw jadi takut makan konsumsi nya karena takut ada alergi lagi. Akhirnya gw bawa makanan sendiri dan cuma makan nasi kotak yang siang aja… hiks

Hari kedua, anak Uni bertanding dengan lancar-lancar saja. Ada pertanyaan-pertanyaan kayak “kenapa inventory gw jadi banyak, atau kenapa gw bangkrut, dan sebagainya”. Jawabannya adalah:

  1. Itu inventory jadi banyak karena susunan skenario, bukan urusan gw, dan klopun lu tanya gw, bukan gw yang bikin sistemnya atuh. Tanya Liz Moore donk
  2. Terus yang tanya kenapa dia bangkrut, padahal credit limit masih banyak… lah… sejak kapan kebangkrutan ditentukan dari credit limit doang. Emang hidup sesimple itu??? Gw agak ogah jawab kalau yang ini. Soalnya aturan gw menyatakan gw tidak diijinkan kasih hint juga.

Schedule berantakan tapi ngedelay 30 menit doang untungnya. Huhuhu. Terus gw tetap kurang orang, jadinya gak ada yang jaga ruangan uni saat pertandingan wild card selesai. Alhasil komite lain yang jaga dan gw gak tau apa yang terjadi, tau-tau aja ada anak IPB yang komplen ke gw katanya mereka sebenarnya masuk semifinal tapi gak diumumin. Tapi pas gw tanya komite, semua ngotot mereka udah umumin. Jadi gw kasih tau mereka dan minta maaf. Untung mereka bilang nggak apa-apa. Fiuh

Pas perpindahan waktu dari Wild Card Round ke Semifinal round, gw jadi benar-benar hectic karena yang datang anak Uni dan SMA. Gw gak bisa bedain anak Uni sama SMA. Kepala gw bener-bener sakit. Klo ada yang tanya gw, gw selalu nanya dulu “Uni ato SMA?”, gak peduli dia pake seragam putih abu-abu kek. Anak SMA nya jadi pada swt begitu… hahahah

Sisanya sih berjalan lancar ye. Gw ikut-ikutan deg2an nonton final Uni-nya, karena skenarionya kan ganti-ganti terus tiap round, gw gak bisa prediksi siapa yang bakal menang, semuanya menghitung dengan serius. Kertas dicoret-coret sampai penuh, gak tau hitung apaan. Gw jadi ikut2an deg2an. Meskipun akhirnyaa……. gw bosan juga. Akhirnya gw duduk dan mulai coding di kertas. =)). Gw gak tau gw coding apa, pokoknya jadi satu halaman dah. Anak Computer Science yang ngeliat gw coding langsung menunjukkan tampang “buset, anak ini udah gila. Masa bosen, terus coding”. Tapi biarin, namanya juga membunuh waktu.

Setelah selesai, closing dimulai, gw udah santai, gak ngapa-ngapain lagi, cuman bagiin kertas pengumuman dan pulang. Di kepala gw sudah terbayang kasur yang empuk. Lalalalalala. Tanpa menyadari bahwa hari Senen adalah hari yang panjang di mana gw kuliah mulai dari jam 7.30 pagi sampai jam 18.00… gw tidak peduli kuliah… yang penting gw tidur dulu. Capeeeeeeeee…

Juara Uni akhirnya direbut: 1. IBII, 2. Binus, 3. UGM. Sedangkan juara SMA diambil: 1. SMK 26, 2. Sutomo Medan, 3. SMA Tarakanita,

Congratz to all winner! Buat yang masih belum menang, berusaha lagi!!! Kalau udah tau triknya, pasti bisa menang. ^^V. Taun depan gw ikut ah. Wkkk.

 

– Simbiz 2009 Ended –

3 thoughts on “SIMBIZ 2009

  1. @Alvin: ohoho. lain kali gw assign kerjaan yang lebih berat lagi aaah. tau gini barternya gw suruh lu bantuin gw seharian buat jaga ruangan aja. :D

    @sixers28: apanya yang wow? capenya gw? apa simbiznya? :D

Leave a Reply

