Sooo… Praktikum apa nih?

Hmm. Karena ceritanya kehidupan gw lagi so so aja, gw mo cerita tentang ade gw aja. Sooooo, si Jojo ini lagi pusing mau bikin projek apa buat praktikum final di sekul nya ntuh. Praktikum final tuh maksudnya tiap anak harus melakukan satu percobaan ilmiah apa aja secara individual, terus nanti dipresentasikan. Kemarin semua temen-temennya udah mulai mikir-mikir mau ngapain, termasuk dia. Katanya, temennya mau praktikum tentang roti gitu, dan ditolak sama guru biologinya karena praktikumnya tidak menghasilkan sesuatu yang berarti.

Kemarin tiba-tiba di gereja dia bilang

JO: “gw lagi berpikir buat praktikum pakai roti nih”

ME: “oh. *gw gak peduli. Huahua*”

JO: “lu dulu praktikum apaan?”

ME: “pas jaman gw belum ada begituan :D”

JO: “ih, curang banget!”

selesai gereja, gw sama Jojo pergi makan AW sambil ngomongin mau praktikum apaan.

JO: “Gw mau praktikum pakai roti aja, kayak di Yakitate Japan, satu dikasih vinegar, satu dikasih wasabi. Dua-duanya kan menghambat pertumbuhan bakteri tuh. Jadi gw liat yang mana yang lebih cepat membusuk.”

ME: “tapi lu harus tetesin jumlah yang sama ke masing-masing roti loh.”

JO: “… (mikir… duh males juga ya)”

Dan dia bilang lagi,

JO: “temen gw kan punya anjing tuh, dia disuruh print gambar2 hewan terus kasih liat ke anjingnya..”

GW: “hooo…” (menarik juga)

JO: “nanti gw mau pasang gambar cicak ah di kamar. Gambar cicaknya lidahnya menjulur keluar. Kalau gak ada nyamuk, berarti percobaan berhasil :D”

GW: “……………………………………….. emang nyamuk ngerespon pake mata?”

JO: “…… oh, nggak ya?”

GW: “…………………………. rasanya…. nggak deh. Tapi gak tau juga. coba aja. kalau berhasil, lu akan menghancurkan perusahaan obat nyamuk :D”

JO: “gw akan menemukan obat nyamuk terbaru XD”

GW: *membayangkan adek gw jadi juragan obat nyamuk*

Jojo frustasi. Tapi gw rasa gurunya lebih frustasi.

JO: “paling gampang tempel gambar trenggiling deket semut, liat semutnya pergi apa nggak”

GW: “……………………”

JO: “Ahhhhh udah gak ada ide…. nanti gw mau coba kasih ayam goreng ke ayam ah. Liat ayamnya nangis apa nggak.”

Gak perlu tungguin ayamnya nangis, gw udah nangis duluan denger ide briliannya. Makanya temannya tidak menganjurkan dia jadi diplomat. Kta mereka, nanti bisa memicu perang dunia ketiga.

GW: “……………… pikiran lu kok aneh sih. Lu jangan jadi diplomat. Entar memicu perang dunia ketiga.” (meniru kata-kata temannya)

JO: “kok gitu sih! Menurut buku Eneagram (buku kepribadian akurat yang gw beli dua taun lalu), gw cocoknya jadi diplomat loh!”

GW: ” WAAAA JANGAN!!! Jangan percaya! Eneagram itu bohong! Bohong!” (berusaha meyakinkan Jojo)

JO: (bingung) … “kok pada bilang pikiran gw aneh sih. Hmm…”

oh emang siapa lagi? Ternyata guru biologinya. Wkk. Jadi saat si Jojo mau mengungkapkan proposal percobaannya, gurunya bilang begini:

BU GURU: “Tunggu… tunggu… saya siapkan mental dulu sebelum dengar percobaan kamu.”

JOJO: “…………………………..”

BU GURU: “yak, saya sudah siap”

Dan gw ketawa ngakak. Adekku yang malang… eh salah, ade gw gak malang. Guru biologiku yang malang… kesian. Dia pasti berharap ade gw cepat-cepat lulus SMA. Dan anak itu akan tetap menguji kesabaran semua orang di kampusnya nanti ^^.

 

Conclusion: Sooo… praktikum apa? Gak tau deh tuh. Ada saran? :D

5 thoughts on “Sooo… Praktikum apa nih?

  1. @FelixJ: maksud lo praktikum “memanaskan sayur”? itu mah bukan praktikum… itu bikin sop… XD. haha. canda ding. klo ide lo mah, gak usa pake praktikum juga gw udah tau jawabannya. dari SD uda diajarin kale pengaruh panas terhadap pertumbuhan tanaman :|. kalau lupa pengaruhnya gimana, gw sarankan hubungi guru SD anda lagi ;). -dah ah mo tidur lagi-

  2. praktikum pupuk dan cahaya, tanam tanaman, trus coba praktikum dan lihat perkembangannya dgn macam2 pupuk dan kondisi cahaya.

  3. gimana klo pengaruh musik pada pertumbuhan tanaman?
    katanya kalo pake musik hard rock, jadi kering terus mati.kalo pake musik klasik katanya jadi tumbuh subur.
    coba aj tuch!

Leave a Reply

