Encapsulation

Dari awal gw emang gak cocok sama buku tebal tentang Object Oriented Analysis and Design nya Simon Bennett, dkk.

[jam 11:00, belajar rame-rame di lantai 3, ujian jam 13:00]

oknumA    : eh jelasin encapsulation donk?

oknumB    : … itu yang contohnya ‘roda’ ya?

Gw        : hah? ‘Roda’? gimana tuh?

oknumC    : roda itu berputar. :D

Gw        : ………………….

oknumD    : bukannya yang contohnya ‘mouse’ ya?

Gw        : HAA??

Setelah baca di buku…

Encapsulation is a kind of abstraction that focuses on the external behavior of something and ignores the internal details of how the behavior is produced. The assembly of modern desktop computers systems produced many examples. For example, PC mice can use very different technologies, but still behave in a similar way from a user’s perspective. On my desk as I write are there different mice: two are wired, but one of these is a wheel mouse while the other is optical; the third is optical and wireless. You can tell the difference if you look, since there are some external clues (presence or absence of wire or red light). But most of the time whether a mouse is wheeled or optical, wired or wireless, makes little practical difference. More important, encapsulation allows one component to be replaced by another with no need for an exact match. If a wired wheel mouse fails, it can be replaced with a wireless optical mouse. The key here is a standard definition of the interface between one system (or subsystem) and others with which it interacts. You can only replace one mouse with another that works in a different way because they share a common interface with the computer. In this case, the interface is defined by the plug type and the pin connections (what type of signal each carries, and at what voltage).

Di saat kepanikan melanda karena belajar selalu SKDH (sistem kebut dua hari), membaca tulisan kayak begini membuat kepala sakit. Tentu saja gw TIDAK BERNIAT menghafalkan apa pun karena sia-sia. Ingatan gw jelek. Hafalan sempurna gw bertahan 2 jam. Gw nggak inget apa yang diajarin pas SMA. Tapi gw bisa nunjukkin buku mana yang ngajarin apa, di halaman berapa :D. ya gitu deh, nggak penting.

Eniwei. Karena gw pusing dan nggak ngerti sama bukunya sama sekali, akhirnya gw belajar online sama om Google. Penjelasan di internet… JAUH LEBIH GAMPANG. http://www.vias.org/cppcourse/chap06_06.html

“… Encapsulation usually means taking a piece of code and wrapping it up in a function, allowing you to take advantage of all the things functions are good for..

Here’s a function that encapsulates the loop from the previous section and generalizes it to print multiples of n.

void printMultiples (int n) 

  int i = 1; 
  while (i <= 6) { 
    cout << n*i << ”   “; 
    i = i + 1; 
  } 
  cout << endl; 

To encapsulate, all I had to do was add the first line, which declares the name, parameter, and return type. To generalize, all I had to do was replace the value 2 with the parameter n. …”

Kenapa mau menjelaskan function aja perlu tiga mouse dengan roda-rodanya… buang-buang waktu aja. wong belajarnya SKDH begini, mana sempat baca cerita si author punya tiga mouse segala. >_<

Gw        : … encapsulation itu bukannya kayak bikin function gitu ya?

oknumE    : iyaa function!!!

Pembicaraan selesai. Terus? Di ujian juga nggak keluar soalnya. Penjelasan dari teman gw tentang class dan object juga unik,

oknumE    : nih gw jelaskan seperti yang gw jelaskan ke anak-anak gw ya (dia TA). Class itu kayak cetakan kue, nah Object itu, kue-kue yang dicetak di dalamnya :D. ada rasa coklat, ada rasa vanilla, karakteristiknya berbeda (or something like that)

oknumF    : …….. (mencerna)

oknumG    : apa? Apa? Coba jelasin lagi?

oknumE    : suruh “oknumF” jelasin tuh, gw baru jelasin

oknumF    : jadi katanya, Class itu kayak cetakan kue, kalau cetakan kuenya bentuknya buaya, Object-nya buaya, ada rasa coklat, ada rasa vanilla

Gw        : … gawat juga kalau nanti di ujian semua contohnya begini :D.

oknumH    : nanti lu jelasin, object itu ada rasa coklat, ada rasa vanilla.

Ouch. Makin gawat pengertiannya…

oknumI    : sekarang jelasin Generalization donk!

oknumJ    : itu bukannya yang contohnya ‘binatang’ ya?

Gw        : ……?????? kita ada belajar biologi juga??    

Semakin dipelajari, semakin mabok. Kesimpulan? Definisi Generalization dan Object keluar di soal ujian. Dan masalah “pencarian informasi”, gw tetap dengan bangga menyatakan, anak kelas gw paling canggih mengenai usaha mencari informasi dan soal. Nama jurusannya sudah menyatakan gitu lho. Begitu buka halaman pertama, soalnya sama persis kayak soal anak double degree tahun lalu. Asik.

Gw gak terlalu yakin sama hasil ujian gw kali ini. Tapi ya sudah. Lupakan saja. tinggal dua ujian lagi. Ganbatte!!!

– two more left –

4 thoughts on “Encapsulation

  1. @nissa: hmmm… kayaknya lu oknumD deh. gw juga nggak inget siapa aja yang ngomong :D. hehe. yang pasti. semester 5 selesaaaaai!!! *sorak sorai bergembira, bergembira semua*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s