Buanglah Sampah Pada Tempatnya

Bukan mau menggurui, namun bukankah ini hal yang baik untuk dilakukan? kampus gw memliki banyak sekali ISS yang selalu siap sedia membersihkan ruang kelas, lorong-lorong maupun lift. Tapi itu bukan berarti kita bisa buang sampah sembarangan kan?

Saat anak-anak baru mulai masuk kampus, teman-teman sekelas gw mulai mengeluhkan adanya anak-anak yang makan di sofa lantai 2 dan gak mau buang sampah sehingga mereka semua yang akhirnya bergerak membersihkan sampah-sampah tersebut. Mereka semua marah banget karena tempat yang selalu mereka jaga bersih-bersih ternyata dikotori dengan tidak bertanggung jawab. Menurut mereka, kalau udah makan, bungkusnya harus dibuang ke tempat sampah

Benar tidak pikiran mereka?

Gw rasa benar. Gw sendiri sebisa mungkin menjaga kebersihan. Selesai makan, apa susahnya sih jalan ke tempat sampah di depan lift dan masukkan sampahnya ke dalam sana? Kenapa harus tunggu ISS? kenapa harus tunggu orang datang dan memungut sampahnya?
Hari ini, gw menemukan plastik bekas snack di lift. Kagetnya setengah mati. Lift itu biasanya tempat yang paling bersih. Plastik jatuh di lift dari tangan anda? Kenapa tidak dipungut dan dibuang di tempat sampah? Tempat sampah terletak di depan lift. Kenapa tidak merendahkan hati sedikit, menunduk, memungut plastik tersebut beberapa detik setelah plastik itu lepas dari tangan anda?

Akhirnya gw yang memungut sampah itu dan membawanya ke tempat sampah. Apakah itu hal yang memalukan? Tidak sama sekali. Apakah membuang sampah pada tempatnya akan menurunkan derajat atau martabat anda sebagai orang kaya? Tidak sama sekali. Apakah sampah hanya pantas dipungut oleh orang miskin atau pemulung? TIDAK SAMA SEKALI. Lalu kenapa anda tidak mau memungut sampah yang anda jatuhkan? Karena kotor? Cuci tangan setelah membuang sampah. Apa salahnya? Karena malu? Anda harusnya lebih malu karena membuang sampah di lift.

Membuang sampah dapat menjadi salah satu cara untuk melatih diri anda. Apa gunanya Character Building dengan nilai A ketika memungut sampah sendiri saja tidak rela?

*puas mengeluarkan uneg-uneg*

8 thoughts on “Buanglah Sampah Pada Tempatnya

  1. dulu nggak ada. dulu bersih.. sekarang mulai ada. Pagi ini gw menemukan tissue lagi di lantai lift. aaaaaa… *stress*. akhirnya gw pungut tuh… X( *kesel*…

  2. iss apaan sih?
    aneh jg ya kok bungkus plastik harus dibuang di lift sih..
    org yg aneh..
    kalo gw sih biasanya makan sama bungkus2 nya..bruakaak

Leave a Reply

