Koin Keadilan

Ketika keadilan direcehkan, kita pun mengumpulkan receh – Koin Keadilan –

What is it all about?

Blog ini adalah salah satu simpul informasi dukungan terhadap Prita Mulyasari, yang oleh Pengadilan Tinggi Banten diputuskan bersalah dan harus membayar denda Rp 204 juta kepada RS Omni Internasional Alam Sutera yang menggugatnya secara perdata. Prita juga masih terbelit kasus pidana  dengan dakwaan pencemaran nama baik dokter RS Omni Internasional. Semuanya berawal dari e-mail Prita kepada kawan-kawannya yang berisi keluhan terhadap pelayanan RS Omni Internasional.

Seperti disebut di muka, blog ini memang hanya salah satu simpul. Tiada niat menjadi pusat atau sejenisnya, sehingga kami terbuka terhadap setiap kerja sama dan menyambut baik kemunculan inisiatif serupa. Semuanya demi Prita dan kebebasan menyatakan pendapat. Mari bahu membahu. :)

Salam koin.

Jadi intinya, ada cerita baru lagi dari Jakarta, Indonesia. Ada seorang ibu yang diharuskan membayar 204 juta karena hal yang sudah dijelaskan di atas itu. Karena tersentuh, akhirnya ada sekelompok ibu-ibu yang berniat untuk melunasi hutang ibu Prita dengan mengumpulkan koin.

Gw dengar berita ini di El-Shinta dalam perjalanan pulang gw tadi, dan cukup tertarik mengikuti cerita ibu Ade Novita yang adalah koordinator penggalang dana ini.

Kenapa mengumpulkan koin dan bukan uang kertas? Waktu ditanya begitu ke bu Ade, dia bilang, saat itu ada Office Boy, temannya yang Office boy yang mau ikut bantu, “teman saya juga senang karena dia bisa ikut bantu. Dengan koin, tidak ada lagi ketimpangan menyumbang yang kaya dan miskin,” papar Ade.

Ya… dalam koin ada nilai terkecil mata uang rupiah ^^, jadi semua orang bisa ikut menyumbang.

Ada beberapa hal menarik yang gw dengar dari ibu Ade ini. Dia bilang, ada orang yang nyumbang semua isi celengannya selama 3 tahun. :D. , ada juga seorang bapak-bapak yang datang ke posko dan nyumbang. Tapi uang dia hanya Rp. 5,000, dan dia bilang, hanya bisa menyumbang Rp 1,000, karena Rp. 4,000 nya untuk ongkos pulang… dan hari ini, ada seorang pemulung datang ke posko dan menyumbang Rp 300, sangat tersentuh sekali kata ibu Ade ^^.

Dalam dua tiga hari ini katanya udah terkumpul 8 juta

Hampir semua orang yang merespon di El Shinta bilang “NANTI KOINNYA JANGAN DITUKAR KE UANG KERTAS… TARUH AJA DI DEPAN RUMAH SAKIT OMNI, BIAR MEREKA HITUNG SEMUA, KITA LIHATIN MEREKA HITUNG”

wah… :D emosi… cep cep…

ada juga yang menyarankan, suruh ajak jaksa dan hakim ikutan ngitung… :D

Sekedar informasi… 204 juta itu… kata Kompas, beratnya 2,5 TON… ohohoho. Akan sangat menarik kalau ada gunung koin di depan sebuah rumah sakit. 2,5 TON itu kira-kira udah ngebabat habis semua uang receh dari BI belum ya?

yah anyway, Indonesia memang tidak pernah kehabisan cerita… Dan gw suka cara demo seperti ini. Kreatif. Gak cuma bakar-bakar ban doang. Bikin global warming aja, huh.

– ayo sumbang-sumbang~. Sumbang doa juga gak apa ^^ –

One thought on “Koin Keadilan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s