Lagi Kelas ACG

dan gw malah ngeblog :D… *ditimpuk sandal*

ehm… hari ini kita belajar tentang multiplayer games…

Lect: Why do you play multiplayer games?
Temen1: To prevent autism!
Lect: O_o how do you exactly prevent autism?
Temen2: By socializing with other in the games :D
Lect: haha.. can you really prevent autism with that ^^;
Temen2: yes, by screaming at the computer!

or something like that.

yah, teman-teman gw memang autis semua. mohon dimaklumi.

ups kelas selesai, gw lanjut ngeblog di rumah aja… to be continued


nah continue…

Lect: Network programming is a nightmare for programmer…
(tiba-tiba gw mendengar suara kur2 bersuara “cupuuu”… apakah gw berhalusinasi?)

Kemudian bapak lecture menjelaskan tentang competition dan behaviornya, dan dia bilang, adalah human naturenya kalau manusia suka competition. contohnya… gw.

Lect: Fiona loves competition, she joined programming competition :D.

gw: ^^ (ngakak dalam hati, mengingat alasan gw join programming competition dulu pertama kali karena menang tender jadi joki…)

… okeh, tapi kemudian gw jadi senang coding. ngaku deh gw -__- …

Ehm, terus kelas berjalan dengan baik… Waktu break, gw ingat kata-kata Jeffrey, coba tanyain ide buat Imagine Cup ke si bapak lecture. Jadi gw coba pancing-pancing dengan tanya topik tesis, karena gw juga lagi cari topik.

si bapak lecture, menawarkan CLOUD COMPUTING. Gw rasa dia lupa kalau gw anak IS.

Terus dia menawarkan lagi, mobile application dengan cloud computing, cloud computing in business (and he said, because you’re an IS student, so your application should be correlated with business… wih, ternyata dia ingat. Tapi Cloud Computing…??), dan menyebutkan Google dan Microsoft yang lagi berlomba-lomba dalam hal ini

jah… feeling-feeling udah gak enak. terus benar deh, tiba-tiba tersebutlah nama Andrian. LOL. nama ini gak pernah jauh-jauh dari kampus kayaknya. wahahaha. bakal abadi selamanya.

Kemudian istirahat selesai, dan kelas dilanjutkan, gw kira, nama Andrian sudah selesai disebut.

1 jam berlalu…

1.5 jam berlalu…

kelas selesai… yippie!!! nama Andrian tidak disebutkan lagi.

Lect mengucapkan kata-kata “pelajaran selesai, bubar jalan”, dan dia berjalan pergi keluar pintu.

Tau-tau dia balik badan terus manggil gw.

Lect: Fiona, really you should try Cloud Computing. Even the technology itself is already innovative *encourage sepenuh hati*

Gw: *tersentuh dengan encouragementnya, tapi terlalu lelah untuk menanggapi karena sudah jam 6 sore*… ha ha. I’ll read that first, sir ^^

Lect: or you can just ask andrian what problems are there in G****e for your thesis topic

Gw: *langsung seger*. WHAT?? (gw mendengar satu kelas merespon dengan suara kaget mirip lenguhan sapi)

jam 6 lewat. kelas gw benar-benar selesai.

Mungkin gw akan bikin website AskAndrian.com … isinya mendata masalah-masalah computing super berat yang belum pernah disolve saat ini.

(Jadi, pak Andrian, ada masalah apa di G****E? Sini gw jadiin tesis topik.)

7 thoughts on “Lagi Kelas ACG

  1. Wogh.. sup gw juga lagi propose CLOUD COMPUTING buat dapetin grant :P. Entah mao kerjain apaan.. asal namanya keren aja wkwkwk…

    Masalah Cloud computing contohnya nih: gimana cara nge-hajar max-flow algorithm di graph dengan N = 350 million vertices? (ini jumlah account di Facebook). Yang pasti 350 juta vertices gak bisa disimpen di 1 komputer. Makanya di distribute ke banyak komputer supaya tiap komputer cuman process 1 juta vertices aja. Compute gini2an namanya Cloud Computing…

  2. Cloud Computing itu lebih ke arah outsource infrastructure loe via internet ke kompeni macem Google, jadi sysadmin bisa dipecat2in (hemat duit!) :P

    Klo yg dibilang felix itu distributed computing / grid computing in general.

    -Kurniady

  3. hooo… begitu toh… so, massive data, massive computation, dan distributed tuh termasuk cloud computing… Kan kek contoh FH, nge MaxFlow 350million vertices, tiap komputer proses 1jt vertices, hasil dari keseluruhan kek gitu tuh, gmana di joinnya ya? untuk mendapatkan solusi untuk 350million vertices nya mksdnya. Karena kan di tiap kompie, cman proses 1jt vertices. otomatis di tiap kompie, solusinya hanya untuk yang 1jt vertices donk? nah untuk dapet in solusi yang 350jt vertices nya itu, gmana cara ya?

Leave a Reply

