Bagaimana Sebuah Jalan bisa Terbentuk

(Bad translation, but still think that I need to translate it to Indonesia)

Suatu hari seekor anak lembu ingin melewati sebuah hutan supaya ia bisa kembali ke padang rumputnya. Sebagai seekor binatang yang tidak rasional, ia dengan asal membuat sebuah bukaan jalan, dan pulang melewati jalan yang sangat menyiksa, penuh dengan tikungan, naik turun bukit.

Hari berikutnya, seekor anjing lewat dan menggunakan jalan yang sama untuk melewati hutan itu. Berikutnya adalah giliran seekor biri-biri, kepala dari kawanan biri-biri itu, ketika menemukan sebuah bukaan jalan, memimpin kawanannya melewati jalan yang sama.

Kemudian, manusia mulai menggunakan jalan tersebut: mereka masuk ke jalan itu, dan meninggalkannya, belok ke kanan, belok ke kiri, turun, menghindari rintangan, mengeluh dan mengutuk – dan kira-kira seperti itu. Tapi mereka tidak melakukan apa-apa untuk menciptakan sebuah alternatif baru.

Setelah dipakai berkali-kali, akhirnya, jalan itu menjadi rata karena para binatang-binatang yang malang itu telah bekerja keras, dengan terpaksa harus melewati jalan itu dan menghabiskan waktu 3 jam untuk menyebrangi hutan yang sebenarnya hanya membutuhkan waktu 30 menit. Seandainya tidak ada yang memilih melewati bukaan jalan yang dipilih si anak lembu…

Tahun demi tahun berlalu dan jalan itu akhirnya menjadi jalan utama dari sebuah desa, dan akhirnya menjadi sebuah jalan besar di sebuah kota. Semua orang mengeluh tentang jalur itu, karena rute iu adalah rute terburuk untuk melewati hutan.

Sementara itu, hutan itu tertawa, melihat bagaimana manusia cenderung dengan buta-nya mengikuti jalan yang sudah terbuka, tanpa benar-benar pernah bertanya, apakah itu jalan yang paling benar…

– from PAULO COELHO’s blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s