Knowledge…

Tadi ngobrol sama bapak A dan ibu B di kantor. mereka lagi seleksi orang-orang buat dipekerjain, gw yang kebetulan duduk di depan mereka ya ikut nguping2 (maksudnya kedengeran gitu, apa boleh buat :P). yup, ada yang gelarnya cakep banget, ada yang IPnya 4,0 dari universitas ternama (gak mau sebut merek, ntar jadi hot thread lagi bisa pusing gwa. wkwk), mantap-mantap dah.

Terus di tengah pembicaraan, tau-tau si bapak A bilang (kurang lebih), bahwa yang penting saat bekerja adalah jam terbangnya. (berarti mereka menseleksi berdasarkan past experience mereka). Terus dia bilang “saya pernah mempekerjakan anak-anak lulusan universitas C (no merek yee), pas mereka masuk, mereka gak ngerti apa-apa!”

Hoo… terus gw diem… Gw inget ada yang pernah komentar ke gw kalau kuliah itu tidak penting, sekarang si bapak A bilang yang penting tuh pengalaman kerja… wah kesimpulannya?
Gw: (dengan polosnya), berarti kuliah gak penting donk?
bapak A dan ibu B: PENTING!
Gw: oh?
bapak A: kalian itu butuh 3 hal saat bekerja, knowledge, skill, and (gak tau gw lupa), nah knowledge itu kalian dapatkan saat kuliah.
Gw: ooo… (ngangguk2)

hmm, jadi beginikah pikiran orang tua? dengan kuliah kita akan mendapat pengetahuan? Jadi gw rasa gw cukup tepat menginterpretasikan keinginan orang tua gw yang pengen gw kuliah buat belajar. sembari kuliah gw iseng nyambi kerjaan buat dapetin skill, well, skill gak harus didapatkan di luar kuliah sih, bisa dapat di dalam kampus juga, tapi gw sejauh ini dapatnya di luar. ya apa boleh buat :P. intinya interpersonal skill penting lah yaa…

yang menjadi pikiran adalah, bagaimana dengan orang-orang yang tidak berhasil mendapatkan pengetahuan selama kuliah =.=… (kok bisa tidak berhasil? well, males? terlalu bergantung pada pengajar? benci pol sama dosennya sampe gak mo belajar? wkwk… ya apapun deh alasannya).

terus gimana kalau selama kuliah, pengetahuan belum cukup, masa dituntut untuk punya skill?

gw: tapi kan… gak bisa punya skill kalau pengetahuan belum cukup…
bapak A / ibu B (gak inget): ya itulah… kebanyakan S1 itu ya begitu, malah langsung ambil S2, bla bla bla (gak inget lagi… ingatan lagi buruk, ngantuk soalnya)

gw langsung inget kata-kata dosen gw “kalian nanti kalau lulus S1 jangan langsung S2! kerja dulu! Banyak anak S1 yang gara-gara gak dapat kerja langsung apply S2! Melarikan diri itu namanya!” hahaha. melarikan diri :P. gak juga kalee. but anyway, ada maksudnya juga dia mengatakan hal seperti itu :).

dan mengenai masalah IP, gw inget seorang kepala IT dari perusahaan ternama pernah bilang saat pertemuan magang “kita ngelihat skill kalian itu juga dari nilai kalian. jadi tunjukkan donk kalian bisa dengan menunjukkan nilai kalian”. :)). itu diucapkan 1 atau 2 tahun lalu kalau gak salah. sekarang gw meragukan relevansi skill dan nilai :P, but still, gw percaya selalu ada orang yang nilainya bagus dan berskill tinggi.

Ok, that’s all. Apa tujuan gw nulis begini? Kagak ada :D. Mo share doang, (bosen merenungi skripsi, jari gatel pengen ngetik)

The End.

One thought on “Knowledge…

Leave a Reply

