Panti Rehabilitasi Anak Cacat Bakti Luhur

Hari ini gw abis berkunjung ke panti rehabilitasi bareng anak-anak kampus gw. Meskipun ini bukan pengalaman pertama melihat anak-anak cacat (down syndrome, CP, etc), tapi ini pengalaman pertama bermain bersama anak-anak cacat. Dan begitu pula teman-teman gw. Hoho.

Begitu masuk ke ruangan aula, terlihatlah sekitar 150 orang anak cacat yang memandang kita terang-terangan… wah… mengerikan… huahahaha. Kita langsung pada salting. Hahahaha. Tapi seperti biasa, anak-anak gaol langsung bergerak duluan dan kenalan dengan anak-anak itu, gw juga akhirnya kenalan dengan anak-anak itu dan ternyata gw tidak punya masalah ngobrol sama mereka. Rasanya kayak ngobrol sama bule aussie yang sekelas sama gw pas di kelas graphic programming. Dia ngomong apa, gw kagak ngerti, gw ngomong apa, dia juga kagak ngerti, jadi kita sama-sama ketawa aja… *geblek bener dah gw*

Tapi rasanya menyenangkan. Hari ini gw dapat teman baru lagi, mereka ramah-ramah, meskipun kesulitan ngomong, tapi kelihatan mereka senang. Anak yang pertama kali salaman sama gw namanya Sefina, terus dia gandeng gw ke mana-mana, dan memanggil semua cowo dengan sebutan “Papa”. Gw dipanggil “kakak” (gw yang ngajarin sih, biar kagak dipanggil “mama” lagi). Abis itu kita nyanyi-nyanyi. Lagunya banyak banget =.=… gw kecapean sebelum anak-anaknya… mereka masih semangat, gw udah ngos2an.

Gw rasa gw berbakat main sama anak-anak, secara sifat gw juga kayak anak-anak, jadi gw gak ada masalah ikut main bareng mereka (gw rasa gw gak pernah ada masalah main sama anak kecil sih… mereka nyaman-nyaman aja sama gw. wkwk). Dan gw lihat mereka lamban dalam berpikir, jadi gw men-set supaya pikiran gw juga selambat mungkin. Hahaha. Akhirnya gw berasa kayak guru TK… huahuahua. Hmm, coba gw ingat-ingat siapa aja yang kenalan sama gw hari ini… Ani (sepertinya bisu), Wiwid, Ita, Ega, Karel, noname, noname, noname, noname, etc etc… gw kagak inget >.< … Si Ani suka nempel2 sama kita-kita. Terus dia demen ngelemparin gw pakai remah-remah biskuit… ckckck. Si Sefina demen meluk-meluk gw… dan menjadikan tangan gw sebagai tangan dia… Si Wiwid sama Ita ini lebih normal. Mereka bisa ngomong dengan benar, dan setelah ngobrol dengan mereka gw tau si Wiwid ini anak transferan dari Kaltim, dan dia naksir sama temen gwe (wahahah), sedangkan si Ita ini transferan dari Pondok Kasih di Jakarta Utara. Gw ingat dia sempat bilang gini ke gw:

Wiwid: di sini ada yang masih punya orang tua, dan ada juga yang udah gak punya orang tua…

Gw: ooo… (kok gw kagak sedih ya. Wkwk). Tapi enak kan tinggal di sini? Rame banget kan :D.

Gw belajar bahwa saat ngobrol dengan mereka, kita harus berpikir se-positif dan se-menyenangkan mungkin. Mereka mungkin kurang beruntung dari sisi orang-orang normal, tapi itu kan hanya pikiran orang-orang lain, dan itu tidak harus membuat mereka yang tinggal di panti rehab ini menjadi rendah diri sama sekali.

Setelah puas nyanyi-nyanyi, kita main sambil nyanyi lagu lingkaran kecil lingkaran besar, terus main susun-susun angka, dan ternyata anak-anaknya pada belum kenal angka. Akhirnya mbak-mbak penjaganya yang main. LOL.

Setelah main-main, kita bagi-bagi biskuit dan susu. Terus gentian kita yang duduk, dan mereka yang perform. Lagu pertama mereka… “Laskar Pelangi”. Wooogh. Pengen nangis gweee… *ditahan-tahan, malu cuy nangis*, untungnya lagu Laskar Pelangi ini lebih berkesan motivating ya. Terus abis itu ada yang nyanyi lagu “Jangan Menyerah” … arghhhh, pengen nangiiiissss *mata udah berkaca-kaca, damn*.

Pengalaman hari ini sangat berkesan. Gw belajar bahwa mereka semua adalah anak-anak yang lucu, mereka sama sekali tidak berbeda dengan kita, dan mereka sangat menyenangkan. Kita berdoa bersama sebelum pulang, dan kemudian mereka semua masuk kelas. Kita berputar-putar sebentar melihat kelas fisio terapi nya, terus pergi makan di pizza hut, sebelum akhirnya temen-temen gw nganterin gw pulang.

What a great day… thx kepada mereka yang sudah mengadakan acara ini. God bless you all. ^^

2 thoughts on “Panti Rehabilitasi Anak Cacat Bakti Luhur

Leave a Reply

