Gw mau tanya…

Apakah jika dibuat aturan dalam kebebasan berpendapat, maka akan menghambat perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia?

jika ya… bagaimana caranya? Karena gw cuma kepikiran bahwa itu akan membuat orang untuk lebih takut berekspresi secara bebas, tapi bukankah ke depannya, mereka akan belajar untuk berekspresi dengan lebih “baik” dan “benar”, which is better? Karena gw rasa “bebas” tidak selalu baik… dan “kebebasan berpendapat”… mungkin sudah saatnya diganti dengan kata “usaha berpendapat secara baik dan benar”?

lol. I need your opinion…

3 thoughts on “Gw mau tanya…

  1. aturan yang paling ‘terkenal’ saat ini adalah: UU ITE pasal 27 ayat 3. :D.

    “Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.”

    adalah perbuatan yang dilarang. dan pendapat yang dilarang adalah pendapat yang menghina atau mencemarkan nama baik (for now, anggap aja kita ngerti tentang cara menilai suatu penghinaan atau pencemaran nama baik)

    sedangkan deskripsi “kebebasan berpendapat” adalah berpendapat sebebas-bebasnya (benar-benar bebas, tidak ada larangan, hak asasi manusia)

  2. rasanya tidak, sekarang ini banyak orang yg memakai internet atau social networking dengan nama samaran, dan mereka bebas mengungkapkan pendapatnya walaupun pendapatnya itu negatif bagi orang2 tertentu. isi ttg pendapat atau ekspresi seseorang itu tergantung dari latar belakang orang itu (spt sifat, pribadi, pendidikan, dll). aturan2 kebebasan berpendapat itu rasanya hanya dipakai oleh orang2 yg berjabat tinggi atau perusahaan besar yg mampu membayar pengacara utk memenangkan kasusnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s