MENJADI dan MEMILIKI: Jangan Jadikan Diri Kita Sebagai Keberhasilan

sorry for late post T_T… sometimes I get too lazy to post it, I have several post I haven’t published in my laptop… will get it published soon this week (I hope) :D,

sementara itu, gw menemukan tulisan menarik dari buku Dare to Journey, karya Henry Nouwen. artikel ini gw kutip setelah dikutip sebelumnya di facebook.

silakan dibaca, dan disimpan dalam hati. apakah saat ini, kita sudah ‘hilang’ di dalam keberhasilan kita…

-o-O-o-

Keberhasilan, bukan kegagalan, bisa jadi musuh terbesar kita. Ini terjadi bukan hanya ketika kita harus berkompromi untuk meraih keberhasilan. Ini terjadi ketika diri kita menjadi keberhasilan itu sendiri, ketika seluruh hidup terserap dalam apa yang telah kita capai dan pekerjaan kita menyatu dengan diri kita. Dengan demikian, kita akan terpacu untuk berusaha lebih lagi. Dorongan ini akhirnya menjadi suatu kekuatan yang menghancurkan, dan akhirnya kita akan kehilangan diri kita sendiri.

Nouwen mengatakan bahwa dalam keheningan kita dapat“menemukan bahwa ‘menjadi’ ternyata lebih penting daripada ‘memililki’, dan bahwa kita jauh lebih bernilai daripada hasil usaha kita.”

Kesadaran bahwa diri kita lebih penting daripada hasil usaha kita dan lebih penting daripada keberhasilan kita bisa menjadi suatu pengalaman yang membebaskan.Kesadaran ini membukakan suatu ruang di mana kita bisa mengevaluasi, mengatur fokus, dan disegarkan secara roh. Di sini kita bisa menemukan bahwa kita perlu lebih memperhatikan pertumbuhan roh kita, mengubah gaya hidup, atau memberikan lebih banyak perhatian pada aspek-aspek hidup yang selama ini terabaikan.

Penemuan ini bukannya tanpa kepedihan. Karena supaya bisa lebih jujur pada diri sendiri -bukannya asyik dengan keberhasilan- berarti belajar hidup tanpa mabuk pujian dan pengakuan orang lain.

(Diambil dari Dare to Journey with Henry Nouwen, penulis Charles Ringma)

One thought on “MENJADI dan MEMILIKI: Jangan Jadikan Diri Kita Sebagai Keberhasilan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s