Internet dan Sumber Informasi

Jujur, ini sangat amat meresahkan gw. Apakah ini hanya keresahan gw belaka, atau memang benar gw pantas meresahkan hal ini?

Tapi gw memang resah (aduh, udah tau, to the point aja deh!!!), gw resah karena internet sudah tidak bisa menjadi sumber informasi yang mudah dipercaya lagi… joke Sheldon di Big Bang Theory itu memang benar… “There’s no place for truth on the Internet”… meresahkan… >.< resah resah resah.

Huff… gw cuma mau bilang…

1. Jangan percaya akan semua informasi yang didapatkan dari internet tanpa melakukan klarifikasi terlebih dahulu
Lakukan klarifikasi. Itu wajib. Pertama bisa coba dilihat, siapa yang menulis berita tersebut, kredibilitas penulisnya, kredibilitas websitenya, kemudian cari berita-berita tersebut dari sumber lain. Apakah sumber lain memiliki pendapat berbeda, jika sama, apakah mereka melakukan copy paste dari sumber yang sama?
Perlu diketahui, tidak semua website akan memberikan informasi yang tepat. Ada website yang bersifat persuasif, khusus untuk memprovokasi orang-orang supaya membenci pihak-pihak tertentu, menjelek-jelekkan pihak tertentu. Ada website yang bersifat informatif, mengambil informasi dari berbagai macam sumber, namun tidak pernah memastikan kebenaran daripada informasi tersebut.

2. Wikipedia bukanlah sumber yang valid
Wikipedia, tidak valid untuk dijadikan sumber pengetahuan, karena tidak 100% informasi di dalam sana adalah valid. Kenapa? Karena semua orang memiliki kemampuan untuk menyumbang informasi ke dalam Wikipedia. Karena itu, lakukan klarifikasi saat membaca wikipedia, pastikan referensinya valid.

3. Kalau dikirimkan berita-berita yang menghebohkan/tidak masuk akal lewat milis, dicek dulu kebenarannya!
Yang ini juga, klarifikasi dulu. Jangan langsung percaya ketika ada berita Apple bagi-bagi Ipad! Kirimkan email ini ke 15 orang, kemudian Apple akan tahu, dan akan menghubungi kalian. Kalau dapat berita seperti itu, tanyakan kepada para ahli-ahlinya IT. Kalau punya anak yang belajar di bidang IT, coba tanyakan, bisa tidak Apple mengetahui hal tersebut,

pastikan link-nya bukan link yang akan menyebarkan virus. Kalau tidak tahu, bagaimana cara kita tahu? Mudah, tanyakan kepada orang-orang, cari klarifikasi mengenai berita-berita tersebut, dan carilah ke orang yang tepat.

4. Jangan pernah menyebarkan alamat rumah atau nomor telepon atau apapun yang bersifat pribadi (pin BB, etc) kepada publik di jaringan sosial seperti Facebook, dll.
Sadar atau tidak sadar, jaringan sosial itu menjadi tempat bagi para stalker untuk melihat siaran kehidupan anda. Antara kalian sedang sedih karena sesuatu, senang karena dapat hadiah, marah kepada seseorang, berada di suatu tempat lain, dll. Karena itu, berhati-hatilah memasang status, atau menulis komentar.

Pikir tiga kali sebelum menulis status di twitter. Kalau mau menulis status “Gw benci sama si A, dasar tolol, bego, gak punya otak, menyebalkan”, pikirkan reaksi 1000 orang teman anda yang akan membaca status itu. Apakah mereka akan mendukung anda? Apakah 500 orang yang tidak mengetahui kejadian yang sebenarnya, akan mendukung dan memuji-muji anda? Tidakkah mereka akan berpikir, betapa tidak bijaknya anda memasang status penuh kemarahan yang tidak ada pertimbangan sama sekali tersebut? Dan sebagainya. Ini hanya contoh, jadi bersikap bijaklah dalam menulis status.

Dan, paragraf di atas, berlaku juga untuk para pemberi komentar :), apalagi jika kalian hot-blooded / gampang marah

Semoga semua para pencari sumber informasi di Internet, terutama mereka-mereka yang baru pertama kali mengunjungi Internet, pengguna baru, pemula, orang-orang yang belum mengetahui bagaimana kondisi lingkungan media massa elektronik, dapat mengerti dan mencoba bersikap kritis mengenai hal-hal seperti ini. Karena saat ini media massa dan infotainment pun sudah merambah ke dunia elektronik, berita-berita yang muncul di Internet hendaknya tidak dipercaya begitu saja, melainkan ditanggapi secara kritis.

Silakan ditambahkan warning list-nya kalau kurang. :)

Salam.

2 thoughts on “Internet dan Sumber Informasi

  1. TRUEE!!!!
    stujuh fi! cekn ricek tuh perlu.. n buat wiki, dosen2 gwslalu wanti2, lo klo pake referensi, jgn dr wiki, ga reliable n credible.. so cek, jgn mau nelen bulet2 smua yg di ksh ke lo, nt nklo ketauan slh malu.. klo bener ya bgs :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s