Bandung Trip: Day 1

Tanggal 14 – 15 Juni kemarin gw pergi ke Bandung untuk ikutan konferensi eII 7 th (e-Indonesia Initiatives) di ITB. Cuti dari kantor donk, Bu? Iya betul. Jadi jatah cuti gw berkurang 2 hari. Sementara di kantor beredar gosip macam-macam perihal ke-cuti-an gw. Ada yang bilang gw sakit, ada yang bilang gw jalan-jalan, dan gak ada yang bilang kalo gw pergi konferensi. Ckckck…

Anyway, karena hari sebelumnya gw ikut acara volunteer event IBM di Dharmais , gw bangun dengan punggung encok dan mata mengantuk. Mana harus ngumpul jam 8 pagi di kampus… jadi jam 6 sudah bangun… dipasangin koyo sama nyokap gw… dibekali satu pak koyo Salonpas in case encoknya tambah parah… huhuhu… saya sudah tua…

Akhirnya, berangkatlah gw ke kampus berbekal satu tas baju saja. Kenapa gw tidak bawa tas tangan? Karena gw pikir gw akan check out dari hotel pagi-pagi di hari berikutnya, kan gak lucu kalau gw bawa-bawa tas baju dan tas tangan untuk belanja…

Tapi ternyata, kita tidak naik travel! Yang ke bandung hari itu adalah gw, satu teman gw, dan dua dosen gw. Kita naik mobil si ibu dosen yang mengebut dengan santai di jalan tol (katanya dulu gak puas ngebut di luar negri, jadi sekarang ngebut di sini deh. OMG) . Gw hanya bisa mendukung dalam doa supaya kita semua sampai dengan selamat.

Sekitar jam 10 kita sampai di ITB, dan menemukan banyak sekali anak-anak baru yang sedang ospek. Ada ratusan anak-anak di lapangan, sementara satu mentor di depan teriak-teriak, anak-anak di barisan belakang sudah asik bergosip satu sama lain. Tapi bukan itu yang penting, seperti biasa, kita melewati lapangan itu dengan pertanyaan “mana nih anak-anak cewe nya?”… karena 98% populasi di lapangan itu adalah… err… pria?

Dan saking jarangnya ada cewe kali ya di sana, begitu kita nanya, toilet cewe di mana ya…? panitia cowo celingak celinguk kebingungan =.= … padahal toiletnya sebelahan sama toilet cowo gitu lho. Aduh.

Jam 10 lewat, kita selesai mendaftar kehadiran untuk presentasi di forum. Karena jadwal presentasi teman gw masih jam 2, dan jadwal presentasi gw jam 4… kita pun pergi makan siang dulu. Karena salah satu dosen gw adalah mantan ITB dan mantan anak Bandung, dialah yang membimbing kita untuk makan. Perhentian pertama kita adalah: Nasi Timbel. Namanya gw lupa, tapi gw ingat di depannya ada toko yang namanya Blossom. Nasi timbelnya oke juga, dengan cabe ulek yang bisa nambah terus hahaha :P. Gw pesan Nasi Timbel Ayam Bakar, dan layaknya nasi timbel, dia datang dengan ayam bakar, nasi dibungkus daun pisang, lalapan (timun, kol, seledri), dan cabe ulek… enak… T_T… ditambah lagi dengan teh tawar panas yang menambah nikmatnya cabe pedas… beuh… puas banget dah.

Selesai makan, mengantuklah gw karena kenyang… hahaha. Dan kita kembali menuju ITB untuk presentasi. Satu ruangan ada 12 partisipan dan dibagi menjadi 3 sesi. Ruangan gw dan teman gw terpisah, jadi gw menyusup dulu ke ruangan teman gw untuk nonton presentasi dia. Dari 4 orang yang harusnya dijadwalkan untuk sesi pertama, cuma 3 yang datang. Jadi waktu untuk setiap orang menjadi lebih lama (dijatah 20 menit satu orang, tapi bisa sampai 30 menit).

Setelah teman gw selesai presentasi, kita pindah ke ruangan gw untuk menunggu jadwal gw. Karena gw sesi ketiga, gw santai-santai aja. Eh taunya, di sesi kedua, nama gw udah dipanggil, soalnya orang-orang yang sesi kedua pada telat datang. Jadinya gw presentasi di sesi kedua, dan gw rasa presentasi gw menghabiskan waktu hampir 25 menit, belum lagi sesi pertanyaannya 15 menit. Dosen gw nanya, deg-degan gak? Gw bilang, udah biasa disiksa di kantor. Jadi udah biasa. (lho, hahaha)… ya kagak deg-degan lah. Karena hal yang diomongin itu sama dengan waktu gw sidang tesis. Waktu sidang tesis, udah dibantai, jadi waktu presentasi kedua, gw udah kurang lebih tau apa yang harus gw jawab untuk kelemahan sistem gw.

Satu masalah waktu gw presentasi adalah… kemampuan bahasa indonesia gw untuk presentasi =.=… ada beberapa hal yang kalau dikonversi ke bahasa indonesia, akan membingungkan dan memusingkan. Contoh mudah, judul tesis gw… setelah dikonversi jadi bahasa Indonesia… menjadi 10 kata. Ha ha ha. Gw sebutin judulnya aja hampir kehabisan napas.

Tapi toh akhirnya gw bertekad, menggunakan bahasa gado-gado Inggris Indo untuk presentasi supaya lebih mempermudah pengertian mereka (dan memperlancar presentasi gw).

Presentasi pun selesai. Kita asik mendengarkan beberapa presentasi, kemudian setelah jam 5, kita kabur semua ke hotel. Satu dosen gw akan nginap di rumah saudaranya, teman gw akan pergi ketemuan sama temannya di Bandung, dosen gw yang lain pergi reunian… dan tinggallah gw yang tidak tahu mau ketemuan sama siapa. =___=… hiks…

Setelah mempertimbangkan untuk nonton HBO semalaman di hotel, akhirnya gw memutuskan untuk pergi ke tempat fotokopi Dunia Baru yang menjual banyak buku-buku import bajakan. Dosen gw bilang, bareng aja, nanti didrop di sana. Tapi ternyata temannya tidak datang menjemput juga sampai jam 7. Sampai di sana, tempat fotokopinya udah tutup… dan daripada gw disuruh pulang lagi, dibawalah gw ke tempat reunian di Cie Rasa Loom – Kedai Mie Aceh, di Jl. Buah Batu no. 154 – Bandung.

Dan di sanalah gw mencicipi mie aceh untuk pertama kali… dan rasanya enaaaaak… pedas… panas… rempah-rempahnya pas banget. Sekalian gw makan martabak dan roti cane-nya… dan tentu saja segelas teh tawar panas untuk menemani rasa pedas gw. Mantap. Para ibu dan bapak itu kasihan liat muka gw memerah dan kepedasan, dan suruh gw berhenti. Takutnya gw sakit perut, kata mereka. Tapi tetap aja gw menghabiskannya, dan berniat nambah satu porsi lagi. Hahahaha.

Mood pun membaik setelah makan yang enak-enak. Dan sementara mereka asik reunian, gw asik makan, sms-an, dengerin lagu, dan seperti biasa, jadi seksi dokumentasi.

Pulang ke hotel udah malam, setelah mandi, langsung tidur nyenyak.

Berakhirlah hari pertama dengan makanan-makanan enak… lain kali kalau mau ke Bandung lagi, gw akan minta lokasi-lokasi wisata kuliner ke dosen gw…

One thought on “Bandung Trip: Day 1

Leave a Reply

