Daftar Bacaan Bulan Ini

1. Kambing Hitam – Sindhunata
Buku ini memaparkan teori Rene Girard dari dua ide yang digarapnya dalam tesis disertasinya mengenai mimetic desire dan violence of the sacred. Mengutip dari artikel yang ditulis oleh kangsamad di Kompasiana :

Girard berpendapat bahwa agama berasal dari ritual korbani, hal ini didasarkannya pada studinya tentang kesamaan ritual korbani pada agama-agama di dunia, dan disandarkan pada teorinya terdahulu: hasrat peniruan ( mimetic desire ) yang ditulis dalam bukunya Deceit, Desire and The Novel (1961). Secara singkat dapat diterangkan teori kambing hitam ( the scapegoat theory) itu sebagai berikut: manusia pada dasarnya suka meniru karena ia memiliki hasrat peniru ( mimetic ), dalam meniru ia akan mencari model. Lama-kelamaan model itu dirasa sebagai saingannya, dan karena posisi model dan subyek peniru sejajar maka timbullah konflik. Konflik itu kemudian melahirkan kekerasan. Kekerasan menjadi wabah yang menjangkiti komunitas, karenanya harus dihindari. Namun manusia sudah terlanjur memiliki hasrat kekerasan dan hasrat itu harus disalurkan, jadilah penyaluran kekerasan itu diarahkan kepada yang lain. Sesuatu (manusia/binatang) yang menjadi sasaran kekerasan sebenarnya tidak salah, tapi ia dijadikan kambing hitam atas kesalahan masyarakat. Namun mekanisme korban pengganti itu haruslah tidak diketahui pelakunya agar penyaluran kekerasan bisa efektif, jadilah kemudian muncul tata ritus. Dari tata ritus berkembanglah mitos dan mitos berkembang menjadi agama. Inilah yang pada akhirnya membuat Girard berkomentar bahwa agama adalah ‘ istilah lain bagi kegelapan terselubung yang menaungi manusia dalam usahanya untuk membela diri dengan tindakan-tindakan preventif dan kuratif melawan kekerasannya’ (Girard: 1972).

buku ini membawa perspektif penjelasan mengenai agama dari sisi antropologis dan filosofis. Dan sisi ini sangat menarik buat gw, karena gw punya pertanyaan seperti ini di kepala gw:

  • kenapa Tuhan Yesus harus mati?”, dalam pikiran gw dulu, Tuhan itu harus superhero, oke lah kalau mau mengajarkan kebaikan dan kasih, tapi kenapa waktu mau disalib pun gak ngelawan? Maksudnya kalau meninggal di kayu salib, apa tujuannya biar bisa menarik simpati orang doang biar manusia-manusia pada bertobat? Emang harus begitu?
  • Terus apa maksudnya dengan mati di kayu salib berarti menghapus dosa dunia? Berarti Allah Bapa di surga itu menginginkan anakNya mati dulu baru dosa dunia bisa dihapus? Kok Tuhan gitu amat sih, harus pakai korban-korban segala? AnakNya sendiri lagi? Kalau mau ngampuni dosa, ya ampuni aja? Gak usah pake korban-korban segala?

Those kind of questions, yang kalau gw tanyakan ke mereka yang beriman, akan mendapatkan jawaban bahwa “Tuhan penuh kasih, rela menyerahkan anakNya, anakNya rela mati di kayu salib demi kita, karena itu gw harus bertobat”. Jujur, jawaban seperti itu gak memuaskan gw. Gw mempertanyakan rasionalitas dibalik irasionalitas agama gw. Dan gw mendapatkan jawaban yang rasional di dalam buku ini, yang ternyata lebih kompleks dan sama sekali berbeda dari sekedar imajinasi gw, dan membuat gw bersyukur karena gw pernah mempertanyakan hal di atas. Jadi kalau kalian adalah orang-orang yang logis dan pernah memiliki pertanyaan seperti ini, cobalah baca buku ini. Akan ada perspektif baru dibalik cara kerja Tuhan yang mungkin tidak pernah kalian bayangkan sama sekali.

(Rene Girard adalah seorang ateis selama 26 tahun, sebelum akhirnya ia kembali kepada agama Kristiani. Dan buku ini pada akhirnya bersifat apologetik – yaitu bersifat membela iman kristiani, meskipun pada tulisan-tulisan awalnya, Rene Girard tidak bermaksud demikian. << kan sebelumnya ateis)

2. Introduction to Information Retrieval Christopher D. Manning , Prabhakar Raghavan dan Hinrich Schütze

Buku ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai metode modern untuk me- retrieve informasi dari sumbernya. Buku ini ditulis oleh profesor2 Stanford dan Stuttgard. Gw bahkan belum habis baca chapter 1 nya. Sejauh ini, isi buku nya adalah menjelaskan algoritma-algoritma yang dipakai untuk me-retrieve informasi secara lebih efisien.

Karena gw baru baca sampai halaman 5, dan sampai halaman ini, baru dijelaskan mengenai logika indexing, gw tidak bisa komentar apa-apa untuk buku ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca bukunya di link websitenya :)

3. Making the World Work Better – The Ideas that Shaped a Century and a Company– Kevin Maney, Steve Hamm, and Jeffrey M. O’Brien

Ini buku yang dibagikan gratis kepada para karyawan IBM sebagai salah satu perayaan 100 tahunnya IBM. Gile, udah seabad aja. Apa isi buku ini? Buku ini berisi sejarah penemuan-penemuan IBM dari umur 1 tahunnya, dan ditulis oleh 3 orang jurnalis berbeda. Karena baru dapat bukunya beberapa hari lalu (pas ultah IBM tanggal 16 Juni), gw baru baca sampai halaman ke 48. Dan jujur ya, jauh lebih asik baca ini daripada baca buku “Introduction to IT”. Padahal isinya mirip-mirip, tapi alur ceritanya enak. Gw jadi mengerti sejarah-sejarah ide dibalik punch card, cara kerja, desain produknya (ada gambarnya sih), sejarah evolusi database, yang ternyata dimulai dari RAM, kemudian DRAM, dari database seukuran dua biji kulkas, sampe sekarang seukuran harddisk. Kemudian bagaimana sebenarnya sejarah barcode itu dimulai dari idealisme seorang IBMer yang menolak para eksekutif IBM untuk mendukung desain barcode yang sebenarnya tidak bagus menurut dia.

IBM was among the companies that worked on the standard. Top executives at IBM didn’t care much which code was chosen, as long as a standard was established and the company could sell computers and other business equipment to retailers.”

“’McEnroe wanted me to write something up that said that the RCA proposal was the greatest thing,’ Laurer recalled. ‘But my nature and my training would not allow me to support something I didn’t believe in’”

Buku ini menarik karena gak cuma menulis dari sisi penemuan saja, tapi juga effort yang harus dilalui untuk menghasilkan penemuan itu, bagaimana politik melawan idealisme, dsb.

Huff, tiga buku dulu deh. Masih ada karya-karya filsafat Driyarkara dan Puteri Cina karya Sindhunata yang belum masuk ke list… kayaknya gw puasa belanja buku dulu bulan-bulan ini… T_T…

2 thoughts on “Daftar Bacaan Bulan Ini

  1. Yang Kambing Hitam keliatannya menarik.
    Hmm…. jadi si Rene pindah dari ateis jadi Kristen? karena apa?
    Apakah maksudnya kita dianjurkan ber-agama karena manusia pada dasarnya banyak sisi gelap?

  2. @FH:

    Iya menarik. Hmm, di bukunya ditulis, dia pindah jadi Kristen setelah buku pertamanya tentang “Deceit, Desire, and the Novel, Self and Other in Literary Structure”, di buku ini dia meneliti tentang teori mimesis (hasrat tiru meniru), Menurut pengakuan dia, dia mengalami ‘pertobatan intelektual’ terlebih dahulu dan baru diikuti dengan ‘pertobatan religius’. Timeframe nya gw kurang tau bagaimana, karena gak dijelaskan di bukunya. (tp gw belom baca sampai habis sih :P)

    Terus soal agama, dari yang gw baca, dia tidak menganjurkan apa-apa. Yang menjadi fokus pembuktiannya adalah, ‘kekerasan’ (kegelapan) merupakan alasan kenapa agama diciptakan, dan agama ini dipakai untuk mengatur atau menekan kekerasan itu. tapi bagaimanapun, karena agama itu sendiri hanyalah suatu institusi yang bisa dirasuki kekerasan, maka agama pun berpotensi dijadikan kedok untuk melakukan kekerasan (bahkan kekerasan itu dinyatakan suci)…

    Menurut Sindhunata, dengan membaca buku ini, orang dapat mengalami demistifikasi diri. Dan seperti yang dialami oleh Girard sendiri, demistifikasi diri sesungguhnya adalah suatu pertobatan “An experience of demystification, if radical enough, is very close to an experience of conversion. I think this has been the case with a number of great writers” [The Anthropology of the Cross]

    Gw akan bawa buku ini buat Su nanti bulan Juli kok, pinjem baca aja untuk lebih jelasnya :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s