TEDx Jakarta – Deceptive Truth

Tanggal 1 April 2012 kemarin, TEDx Jakarta dengan tema Deceptive Truth diadakan di JIS – Jakarta Selatan. Hari itu juga sebenarnya, gw harus ke bandara karena gw akan ikut training di Singapore hari esoknya. Tapi karena daftarnya susah, gw gak rela untuk gak ikut. Lagian udah lama gw nungguin event ini. Baru kali ini aja di-notify temen gw kalau eventnya bakal ada lagi.

Pendaftaran

Registrasi yang event kali ini lumayan ganas. Tiketnya habis dalam 3 menit. Untung teman gw sempat ngedaftarin gw juga dengan internet kencangnya. Meskipun dia berakhir masukin gw ke daftar cancellation list sebelum bahkan ngedaftarin gw <_<” tapi bagaimanapun gw berhasil meminta panitia buat mengeluarkan gw dari daftar cancellation list.

D-day

Tema kali ini adalah Deceptive Truth. Isi seminar kali ini adalah untuk menjelaskan misconception mengenai macam-macam hal.

Yang keren dari TEDx ini adalah, kita benar-benar dapat seminar gratis dari orang-orang yang diundang TEDx ini. Panitianya mostly volunteer, dan, kita bahkan dapat sponsor baik hati yang men-supply makanan dan minuman kita pada hari itu. Ada popcorn gratis (gak kebagian, antriannya panjang), Lipton Tea free refill sepuasnya, bahkan lunch disediakan dari Body Shop. Sponsor-sponsor lain kayak Mozilla Firefox, XL, Jakarta Globe ikut bagi-bagi merchandise. Ada juga stand dari Indonesia Mengajar, dari penulis buku – “Temanku, Teroris?” karya Noor Huda Ismail, dst.

Hari itu, kursinya terisi 99% alias hampir penuh. Gw dan teman gw merasa super beruntung bisa dapat kursi dalam pendaftaran ganas itu. Hahahaha.

Sayang gw nggak ikut sampai akhir karena jam 3 sore udah harus cao ke bandara.

Beberapa pembicara yang cukup berkesan di ingatan gw selama sesi satu dan dua adalah:
1. Connie Bakrie – Female Military Analyst

ngejarnya mau pake apa? Pake doa?

Connie menjelaskan tentang pentingnya pertahanan negara, dan betapa sebenarnya negara kita kurang peduli ya sama teritori perairan kita. Enam ribu kapal tiap hari mampir di salah satu bagian Indonesia buat nyolong ikan, tapi kita bahkan gak punya kapal buat ngejar mereka.

2. Andreas Prasadja – Dokter yang kerjaannya ngeliatin orang tidur – Sleep Analyst whatsoever :P

Dilanjutkan dengan Andreas Prasadja yang menjelaskan tentang tidur, pentingnya tidur pada produktivitas kerja, penyakit-penyakit tentang tidur, dan jumlah tidur yang wajar

3. Harry Roesli 57Kustik – band dari anak-anak jalanan

dan 57kustik yang mengawali acara seminar kita dengan biolanya dan bapak Gita Wirjawan (our minister of trade). Dan di sesi dua, mereka mendapat standing applause dari para penonton yang kagum dengan permainan musik mereka. Permainan musik para musisi jalanan asuhan Yala Roesli (bapaknya Harry Roesli) ini dimulai dengan sebuah foto tong sampah.

mereka adalah anak-anak yang pernah hidup di sini

dan sekarang, sebelum mereka mampir ke TEDx ini, mereka sudah pernah tampil bersama Dave Koz di Java Jazz. (ps: semua alat musiknya buatan lokal lho, bahkan biolanya juga buatan lokal)

It should be a thrilling life when you are able to climb this high and inspire other :D

Selain itu juga diputarkan beberapa video TED talk yang menarik. I would recommend you to watch Dan Ariely dan A.J. Jacobs. Tapi Dan Ariely masuk dalam daftar speaker favorit gw yang terbaru. Topiknya adalah tentang “irrational behavior” dan “cognitive illusion”.

Vision is one of the best things we do. We have a huge part of our brain dedicated to vision — bigger than dedicated to anything else. We do more vision more hours of the day than we do anything else. And we are evolutionarily designed to do vision. And if we have these predictable repeatable mistakes in vision, which we’re so good at, what’s the chance that we don’t make even more mistakes in something we’re not as good at — for example, financial decision making

Are We In Control in Our Own Decision

Sekian laporan dari gw. Akhir kata, selamat untuk TEDx Jakarta, acaranya OK sekali ^o^

3 thoughts on “TEDx Jakarta – Deceptive Truth

Leave a Reply

