Kenapa berbeda?

quick post dari tablet gw… kemarin ada pertanyaan dari Su:

Kenapa anak kelas 1 atau 2 SMA begitu tau mereka ga naik kelas, nggak nangis, sedangkan anak kelas 3 SMA begitu tau mereka nggak lulus UAN, nangis?

logika Su: sama aja kan, dua2nya tetap nggak naik kelas, dan harus ngulang setaun lagi?

pertanyaan berikutnya (masih nyambung), dan kenapa mereka yang nggak naik kelas biasanya tetap ngulang aja di sekolah yang sama, tapi mereka yang nggak lulus UAN biasanya pindah sekolah?

4 thoughts on “Kenapa berbeda?

  1. kalau menurut Su, dia punya pertanyaan itu dari sejak sekolah, dan data yang dia punya ya cuma berdasarkan hasil observasi dia di sekolah dia. Dia sampai mikir kalau sekolah itu nge-kick mereka-mereka yang nggak lulus UAN.

    Kalau dari gw, di sekolah gw dulu juga begitu. Mereka yang nggak lulus ya nggak lanjutin kelas 3 lagi di tempat yang sama, sedangkan gw kenal banyak kakak kelas angkatan atas yang masuk di angkatan gw karena nggak naik kelas (selama kelas 1 dan 2). Tapi gw nggak pernah kenal kakak kelas yang ngulang kelas karena gak lulus UAN (tentu saja observasinya berasal dari sekolah gw).

    Kemudian lagi, untuk masalah nangis dan nggak nangis, gw mengakui tensionnya lebih kencang waktu pengumuman UAN daripada pengumuman naik kelas biasa. Kalau lu liat di tivi2 juga, anak2 yang lulus UAN itu ada yang hebohnya setengah ampun dan nangisnya gak karuan, tapi lu gak pernah menemukan hal yang sama waktu pengumuman gak naik kelas di kelas 2 / 3.

  2. Kayaknya ga pindah sekolah Fi, mereka ngejar ujian paket C atau paket apa gitu.. jd lulus juga deh. (CMIIW)
    Klo nangisnya.. karena malu bukan? soalnya standarnya udh rendah, lo masih ga lulus (setidaknya pas tahun kita rendah).. dan biasanya ada faktor sial juga, itu yg bikin makin ga rela…

  3. hmm iya mungkin juga, soalnya temennya adek gw juga keluar karena ngejar paket C, mungkin gak mau ngulang karena udah males sekolah lagi :P

    hmm, nangis karena malu sih entah deh :)), kalau begitu harusnya nangis juga waktu gak naik kelas donk ya :)). tapi kalau soal standar rendah, kayaknya mereka yand di pedalaman nggak nganggap UAN itu standar rendah dan nangis karena malu deh… :-?

    (btw, UAN sama EBTANAS apa bedanya ya, bukannya sama2 nggak lulus kalau nilai UAN/EBTANASnya ga mencapai batas tertentu? kenapa waktu ada UAN pada heboh2? EBTANAS bukannya sama aja ya :-?)

Leave a Reply

