Yogyakarta, Bromo, Batu, Surabaya Trip

Surabaya – Day 9
Destinasi: Bandara Juanda, Changi Airport.

Pagi-pagi sarapan soto di hotel saja. Pesawat kita jam 1 an, jadi kita check-out dan jalan ke bandara dari jam 10 atau 11 pagi.

Pak Ahok dan Bu Risma

Bapak supir taksi kita kali ini kebetulan hobi ngomongin politik. Dia komentar tentang Pak Ahok, dan bingung kenapa orang bagus kayak dia kok banyak aja yang jegal. Dia cerita dia pernah bawa ajudannya Pak Ahok dan bagaimana ajudannya cerita kalau dia diperlakukan dengan baik oleh Pak Ahok.

Waktu lewat jalan tol di Surabaya, dia nunjuk ke samping dan bilang kalau Bu Risma dan para PNS lain akan ngecat pembatas jalan setiap hari Sabtu / Minggu.

Dia juga komentar tentang media massa yang suka bias memberitakan berita-berita politik.

Bandara Juanda

Tidak terasa kita pun sampai ke Bandara Juanda. Bapak taksi mengucapkan selamat jalan dan semoga sampai tujuan dengan selamat. Kita pun pergi check-in pesawat dan semua berjalan lancar. Dely komentar bandaranya lebih bagus dari yang di Jakarta, dan bandara Jakarta ini harus introspeksi, ckckck. Gw setuju.

Liburan Selesai

Dan……. setelah 2 jam, kita pun sampai dengan selamat ke Singapura lagi. Tidak ada lagi pesan “es teh” dikasih “es teh manis”… (adanya dikasih teh tarik). Kita makan-makan di Penang Culture dulu sebelum pulang ke rumah masing-masing untuk istirahat.

Kesimpulan

Jalan-jalan kali ini benar-benar membuka wawasan dan menambah banyak pengalaman baru. Banyak hal yang gak bisa gw tulis di blog kali ini karena mempertimbangkan privasi orang yang cerita juga.

Gw diingatkan kembali betapa sederhananya kebahagiaan waktu gw lihat anak memeluk kedua orang tuanya yang baru turun dari kereta di Stasiun Mojokerto, waktu gw lihat anak yang turun dari kereta dan langsung menangis memeluk ibunya, waktu gw lihat dua bapak penjaga hotel duduk-duduk sambil makan kacang di udara dingin, kemudian ngajak gw makan kacang bareng, waktu gw lihat sesama tetangga duduk-duduk makan bareng sambil dengerin dangdut…

Gw diingatkan kalau gw ini cuma satu titik kecil di alam semesta sewaktu gw memandang bintang di kegelapan malam di Pasuruan.

Gw diingatkan kalau jalan-jalan itu seharusnya mengajarkan kita untuk menjadi lebih terbuka dan membentuk kita untuk jadi lebih bijaksana.

It was a good trip, indeed.

2 thoughts on “Yogyakarta, Bromo, Batu, Surabaya Trip

1. Gue seneng banget bisa jalan2 keliling dari Jateng ke Jatim.. Ngeliat candi2, pemandangan2, feel the adventurous mountain tracking dan kuliner hahaha… thanks for the three of you all. :)